Seminar Nasional III & Healthcare Expo Ii Arssi 2016

SEMINAR NASIONAL III & HEALTH CARE EXPO II ARSSI dengan Tema "Menyiapkan Rumah Sakit Indonesia Menjadi Rumah Sakit Pilihan Melalui Pelayanan Prima Di Era Jaminan Kesehatan Nasional & MEA" 

Menghadapi situasi persaingan global dengan berbagai situasi yang penuh tantangan dan kompetisi dimana rumah sakit harus senantiasa merumuskan strategi yang tepat secara komprehensif. Antara lain dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Digital Hospital dan Akreditasi Nasional/International. Dalam pelaksanaan JKN, masih banyak rumah sakit yang menghadapi beberapa kendala diantaranya tentang clinical pathway, coding dan verifikasi klaim, audit medik, tarif INACBGs, sistem remunerasi, kendali biaya dan mutu, pengadaan obat dan alkes sesuai E-catalog. Disamping itu, rumah sakit belum optimal dalam melaksanakan Coordination Of Benefit (COB) dengan asuransi kesehatan dikarenakan belum jelasnya sistem COB.

Dalam menunjang pelayanan yang berkualitas, kendali biaya, dan keselamatan pasien tidak bisa dipungkiri bahwa sistem informasi yang terintegrasi antar layanan sudah mendesak untuk disiapkan dan diadakan oleh rumah sakit. Hal ini sangat diperlukan dalam pelaksanaan JKN yaitu dengan bridging sistem informasi antara BPJS dan SIRS. Selain itu Akreditasi rumah sakit merupakan salah satu persyaratan untuk memberikan jaminan mutu layanan yang akan menjadi salah satu syarat menjadi provider BPJS.
Memasuki era JKN dan era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) 2015 yaitu era persaingan yang makin ketat,rumah sakit harus mempersiapkan diri agar tetap menjadi rumah sakit pilihan bagi masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan. Kebanyakan rumah sakit pilihan adalah rumah sakit yang memberikan layanan yang terbaik hampir di seluruh layanan. Untuk menjadi rumah sakit pilihan adalah tidak mudah tetapi dapat terjadi bila semua pimpinan dan staf dalam organisasi memiliki komitmen untuk membuat itu terjadi dalam setiap memberikan layanan.

ARSSI sangat peduli agar RS. Swasta Indonesia tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk itu pada kesempatan ini ARSSI menyelenggarakan workshop MENJADI RS PILIHAN DENGAN PELAYANAN PRIMA. Pelatihan ini sulit didapat, jadi jangan lewatkan! Dengan adanya JKN dan era MEA, banyak investor/pemilik rumah sakit memperluas investasinya dengan membangun beberapa rumah sakit di bawah satu group pelayanan kesehatan/ healthcare. Agar investor tidak salah investasi dan tetap bertahan, maka diperlukan fisibility study dan pembelajaran dari investor pendahulunya.

Atas dasar tersebut diatas, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) bermaksud menyelenggarakan Seminar Nasional III dan Healthcare Expo II untuk menambah wacana, pengetahuan dan keterampilan dalam menunjang rumah sakit Indonesia yang berkualitas dan mampu bersaing di era JKN dan MEA/ global.

Heathcare Expo II (Pameran di Bidang alat-alat kesehatan dan Rumah Sakit) sudah merupakan bagian dari Seminar Nasional ARSSI III sebagai ajang promosi dan tukar informasi antara produsen / penyalur baik obat, alkes, dll. dengan konsumen khususnya pemilik, dokter, dan manajemen rumah sakit. Event ini berlangsung pada tanggal 18 - 20 Mei 2016 di Hotel Fairmount, Jakarta.